Jangan Remehkan Sesak Napas yang Datang Tiba-tiba


Bernapas merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun apa jadinya jika kita mengalami gangguan dalam bernapas atau sesak napas? Jelas hal itu bisa menurunkan kualitas hidup kita.
Sesak napas sendiri adalah kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan Anda sesak napas. Ingin tahu apa saja penyebabnya?

Penyebab Sesak Napas
Seseorang mengalami sesak napas bisa karena faktor obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem, atau berada di daerah dengan ketinggian tertentu. Namun jika sesak napas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka kondisi yang bisa menyebabkannya adalah:
  • Pilek
  • Alergi
  • Asma.
  • Anemia
  • Kehamilan.
  • Sinusitis
  • Tuberkulosis
  • Tekanan darah rendah.
  • Patah tulang rusuk.
  • Keracunan karbon monoksida.
  • Pneumonia (paru-paru basah).
  • Kanker paru-paru.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.
Sementara penyebab sesak napas yang muncul tiba-tiba (akut):
  • Asma
  • Keracunan Karbonmonoksida
  • Tamponade Jantung (kelebihan cairan di sekitar jantung)
  • Hernia Hiatal
  • Gagal Jantung
  • Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)
  • Emboli Paru
  • Pneumotoraks
  • Pneumonia
Masalah lainnya penyebab sesak napas
  • Anemia.
  • Patah tulang rusuk.
  • Tersedak.
  • Epiglotitis (pembengkakan sebagian tenggorokan).
  • Menghirup benda asing.
  • Gangguan kecemasan.
  • Sindrom Guillain-Barre.
  • Myasthenia gravis, yang menyebabkan kelemahan otot.

Cara Mengatasi Sesak Napas

1. Bernapas lewat mulut

Ini adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan sesak napas. Cara ini membantu memperlambat laju pernapasan yang membuat setiap embusan napas Anda lebih dalam dan efektif.
Tak hanya itu. bernapas lewat mulut juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkan di paru-paru. Anda dapat menggunakan cara ini kapan saja setiap kali mengalami sesak napas, terutama ketika mengangkat benda berat, naik tangga, membungkuk, dan lain sebagainya.
Berikut panduannya:
  • Lemaskan otot bahu dan leher Anda.
  • Perlahan-lahan ambilah napas dari hidung tahan selama beberapa detik.
  • Kerucutkan bibir seolah-olah Anda akan bersiul bersiul.
  • Hela napas secara perlahan lewat mulut.

2. Duduk di kursi

Istirahat sambil duduk dapat membantu merilekskan tubuh dan melegakan pernapasan Anda. Untuk memulainya, pastikan Anda dalam keadaan tenang. Duduklah di kursi dengan kedua kaki menginjak lantai. Bungkukkan sedikit dada ke depan. Letakkan siku di atas lutut atau topanglah dagu Anda dengan kedua tangan. Pastikan otot leher dan bahu Anda tetap rileks.

3. Berbaring

Banyak orang yang mengalami sesak nafas ketika sedang tertidur. Selain membuat tidak nyaman, hal ini juga dapat mengurangi kualitas dan durasi tidur Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat berbaring di atas kasur. Letakkan beberapa bantal di kepala dan di bawah lutut Anda. Pastikan punggung tetap dalam posisi lurus dan tangan berada di sisi badan. Usahakan posisi kepala Anda lebih tinggi dibandingkan tubuh Anda
Posisi tersebut membantu memperlancar saluran udara yang tadinya terhambat, sehingga memudahkan Anda untuk bernapas.

4. Pakai kipas angin

Suatu penelitian menemukan bahwa udara sejuk dapat membantu meredakan sesak nafas. Mengarahkan kipas angin kecil atau kipas angin genggam ke wajah Anda dapat membantu meringankan gejala sesak napas.

5. Minum obat

Bagi Anda yang mengalami sesak napas akibat penyakit serius, mungkin harus menjalani perawatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu dari dokter. Konsultasikan kepada dokter mengenai pengobatan apa yang tepat untuk Anda.
6. Datang ke Dokter atau Tempat Penyembuhan Alternatif
Pada solusi ini, Anda dapat datang ke tempat kami yaitu Natural Healthy Therapy yang bertempat di Benowo, Surabaya. Anda malas keluar rumah atau mengantri? Tenang, terapis kami bisa didatangkan langsung ke rumah.
Anda bisa hubungi kami di:
TERAPI NHT SURABAYA
Jam Kerja:
Hari Senin - Sabtu
Pukul 08:00 -18:00 WIB

 Telepon WhatsApp