Pentingnya Mengonsumsi Vitamin



Vitamin C adalah jenis vitamin larut dalam air yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, dan kulit. Vitamin C juga melindungi tubuh Anda dari berbagai infeksi karena manfaat vitamin C yang memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko sejumlah kanker — termasuk kanker mulut dan tenggorokan, kerongkongan, perut, dan kanker payudara.
Meski kasus serius dari kekurangan vitamin C jarang terjadi, tetap saja banyak orang yang mungkin tidak mencukupi kebutuhan vitamin C-nya karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C secara mandiri. Misalnya orang-orang yang merokok. Merokok menurunkan jumlah vitamin C dalam tubuh, sehingga perokok berada pada peningkatan risiko untuk mengalami defisiensi vitamin C.
Itu mengapa penting untuk Anda mendapatkan kecukupan asupan vitamin ini dari makanan sehat, misalnya jeruk, brokoli, jambu biji, dan pepaya. Anda juga bisa mencukupi asupan vitamin C harian Anda dari suplemen multivitamin. Manfaat vitamin C jika dikonsumsi jangka panjang dalam bentuk suplemen juga dapat melindungi Anda dari katarak.
Berikut adalah alasan penting lainnya mengonsumsi vitamin C:
Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, antara lain:
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Berbagai keluhan seperti batuk dan pilek ternyata dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, terutama saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat.
  2. Sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.
  3. Vitamin C membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, juga mampu menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.
  4. Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit
  5. Beberapa hasil penelitian meyakini bahwa vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah katarak dan penyakit empedu.