Tips Mudah Hidup Sehat

Asupan makanan sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan manusia, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak, dan menambah tenaga seharian. Berikut adalah tips dan pilhan makanan sehat yang gampang diperoleh:

1. Usahakan Sarapan Pagi
    Menu yang dianjurkan
  • Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed.
  • Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur.
  • Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa. 
2. Batasi Konsumsi Kopi
Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Anda, membuat Anda dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal minumah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Anda tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan konsentrasi Anda terjaga.

4. Konsumsi Makanan Segar
Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
Daripada makan nasi putih, pilih nasi merah yang lebih kaya kandungan seratnya. Anda juga bisa mengganti roti tawar putih yang biasa Anda makan dengan roti gandum. Selain lebih tinggi serat, roti gandum dan nasi merah juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa beraktivitas seharian dengan lancar.