Bangun Tidur Belakang Leher Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya


Ketika bangun tidur, mungkin Anda pernah merasakan sakit di leher, seperti tidak bisa digerakkan ke kanan atau kiri. Leher terasa nyeri dan kaku, bahkan bisa menjalar ke bahu. Keluhan ini biasanya disebut dengan salah bantal. Meski keluhan ini bisa sembuh setelah beberapa hari, Anda mungkin jadi sulit beraktivitas dan bergerak dengan bebas. Bagaimana tidak, leher Anda akan terasa sakit jika digerakkan dan jangkauan gerak pun berkurang. Bagaimana cara mengatasi salah bantal ini agar tidak mengganggu aktivitas Anda? Berikut penjelasan dan cara mengatasinya.


Salah Bantal

Salah bantal dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain (otot yang tegang, otot yang ditarik). Salah bantal terjadi saat otot Anda terlalu teriritasi atau robek. Hal ini biasanya terjadi akibat kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat. Ketegangan pada otot ini dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat membatasi pergerakan otot yang terkena. Ketegangan dapat terjadi pada otot mana saja, tapi paling sering terjadi pada punggung bagian bawah, leher, dan bahu.


Cara Mengatasinya

Secara umum, keluhan nyeri leher biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, bagi beberapa orang yang merasa sangat terganggu, umumnya akan berusaha mendapatkan pengobatan. Berikut beberapa cara untuk mengobati salah bantal.

Beristirahat dan mulai digerakkan

Hindari menggunakan otot leher Anda selama beberapa hari, terutama jika gerakan menyebabkan peningkatan rasa sakit. Tapi jangan terlalu banyak istirahat, karena bisa menyebabkan otot menjadi lemah, yang bisa memperpanjang proses penyembuhan. Setelah dua hari, perlahan mulai menggunakan otot leher Anda, berhati-hatilah agar tidak berlebihan.

Kompres es batu

Kompres dingin dengan es batu segera pada otot yang terasa nyeri. Hal ini akan mengurangi pembengkakan (jika ada) dan mengurangi rasa nyeri. Jangan menaruh es batu langsung ke kulit Anda. Gunakan pembungkus, kain, atau handuk bersih untuk membungkus es batu. Kompres dengan es batu selama sekitar 20 menit. Ulangi setiap jam pada hari pertama.

Gunakan bantal yang tepat

Saat Anda tidur, gunakan bantal yang nyaman serta menjaga agar posisi kepala Anda terhadap poros sumbu tulang belakang, tidak miring. Gunakanlah bantal yang mengganjal kepala Anda secukupnya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.