Gangguan Telinga Pendengaran


1. Penyumbatan Telinga

Dikenal juga sebagai earwax, komponen yang sebenarnya secara alami dihasilkan oleh telinga ini sebenarnya tidak bisa juga disebut sebagai ‘kotoran’. Diproduksi oleh kelenjar yang terdapat pada saluran telinga, earwax memiliki fungsi dan peran tersendiri dalam menjaga kesehatan telinga. Earwax dapat menangkap debu dan partikel-partikel asing lain yang masuk ke saluran telinga sehingga mencegah komponen asing tersebut masuk ke bagian dalam telinga dan menyebabkan kerusakan atau infeksi pada gendang telinga.

Penyumbatan saluran telinga karena earwax merupakan keluhan yang paling sering menyebabkan seseorang memeriksakan diri ke THT. Gejala dari terjadinya gangguan telinga yang diakibatkan oleh penumpukan earwax adalah:
  • Menurunnya kemampuan mendengar
  • Pusing atau berkunang-kunang
  • Rasa sakit pada telinga
  • Merasa bagian telinga penuh atau tersumbat
  • Telinga berdenging
  • Rasa gatal atau timbulnya cairan yang keluar dari lubang telinga

2. Infeksi Saluran Telinga Tengah (otitis interna)

Disebut juga sebagai otitis media akut, infeksi saluran telinga bagian tengah biasanya terjadi karena bakteri atau infeksi virus yang menyerang bagian tengah saluran telinga. Bagian tengah ini merupakan ruang berisi udara yang terletak di belakang gendang telinga. Bagian ini juga memiliki tulang kecil yang akan bergetar ketika menerima suara. Infeksi saluran telinga tengah bisa terasa sangat sakit karena terjadinya penumpukan cairan dan inflamasi di bagian yang terinfeksi. Gangguan telinga ini dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa, tetapi biasanya lebih umum dialami oleh anak-anak. Infeksi telinga bagian tengah ini juga dapat diakibatkan oleh penyakit lain seperti flu maupun alergi, serta penyakit-penyakit lain yang mengakibatkan penyumbatan dan pembengkakan saluran pernapasan, tenggorakan, dan eustachia.


3. Infeksi Saluran Telinga Luar (otitis externa)

Gangguan telinga ini biasanya menyebabkan inflamasi, bengkak, dan kemerahan pada saluran telinga luar, yaitu bagian yang menghubungkan antara telinga bagian luar dan gendang telinga. Penyebab dari gangguan telinga ini biasanya adalah infeksi bakteri, tetapi iritasi, jamur, dan alergi juga mungkin menyebabkan gangguan telinga ini. Risiko Anda mengalami infeksi saluran telinga luar juga semakin meningkat jika Anda terlalu sering mengorek telinga karena dapat merusak bagian kulit di dalam telinga.