Kenali Sakit Mata Berikut Ini: Konjungtivitis


Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva (membran transparan antara kelopak dan sklera(bagian putih mata) yang menyebabkan pembengkakan, mata merah dan nyeri. Anda bisa sakit mata di salah satu atau di dua mata. Meskipun sakit mata sangat tidak nyaman dan tidak enak dilihat, kondisi ini jarang memengaruhi ketajaman penglihatan Anda.


Gejala

Bagian putih mata Anda akan memerah karena pembuluh darah konjungtiva meradang. Bila Anda menderita mata merah karena alergi, Anda akan merasa gatal. Pencetus alergi termasuk serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan debu dalam rumah.

Dalam kasus sakit mata karena infeksi virus, mata akan bengkak dan kering sehingga banyak air mata mengalir. Seperti infeksi bakteri, Anda akan merasa sakit dan iritasi, mata merah dan terasa sakit dari dalam. Mata juga akan menngeluarkan kotoran yang lengket.

Penyebab

Penyebab utama konjungtivitis adalah adalah alergi, infeksi virus atau bakteri, dan objek asing. Namun, hal lain seperti tidak menjaga kebersihan mata juga bisa menjadi penyebab konjungtivitis terjadi.

Pengobatan

Jika konjungtivitis Anda disebabkan bakteri, dokter akan memberikan resep obat tetes mata atau salep antibiotik. Anda bisa mengurangi bengkak mata dengan kompres hangat. Mata merah karena bakteri biasanya jadi lebih baik dalam 48 jam setelah pengobatan dan biasanya hilang dalam seminggu.
Jika penyebabnya adalah virus, obat tetes mata atau salep antibiotik tidak akan berefek. Dokter Anda akan memberi tetes mata untuk membantu meningkatkan kelembapan mata digabung dengan kompres hangat untuk mengurangi bengkak. Mata merah karena virus biasanya hilang dalam 1 minggu, tapi bisa lebih lama.
Jika Anda alergi, dokter Anda akan memberi tetes mata dan antihistamin untuk mengurangi peradangan, dan dekongestan hidung untuk meringankan gejala alergi. Es akan membantu Anda mengurangi gatal. Alergi mata merah bisa terjadi musiman.

Pengobatan di Rumah

Kebiasaan gaya hidup yang baik adalah cara terbaik untuk mencegah mata merah. Meski Anda sakit, tetap jaga kebersihan dan kebiasaan untuk membantu mata merah hilang dan tidak menular ke badan. Anda bisa mengontrol penyakit Anda jika memerhatikan beberapa hal:
  • Hindari kontak langsung dengan siapapun jika Anda menderita mata merah. Gunakan sapu tangan atau tisu untuk membersihkan kotoran mata
  • Sering cuci tangan
  • Gunakan handuk, lap, dan bantal yang terpisah dari keluarga Anda di rumah.
  • Buang kosmetik mata yang sudah lama dan jangan berbagi kosmetik mata dengan orang lain
  • Hindari penyebab alergi, jika bisa
  • Gunakan pengobatan sesuai yang diinstruksikan
  • Jangan sentuh area yang terinfeksi atau mengucek mata Anda
  • Jangan gunakan lensa kontak sampai pengobatan selesai. Anda mungkin juga harus mengganti lensa kontak Anda atau kotak penyimpanannya