Makanan yang Memicu Migrain

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu munculnya sakit kepala sebelah atau migrain


1. Buah Jeruk

Salah satu jenis buah ini masih diperdebatkan oleh beberapa peneliti. Mereka telah menemukan hubungan antara migrain dan jeruk, sementara yang lain tidak. Sangat memungkinkan jika buah jeruk dapat memicu migrain jika dilihat dari beberapa pengakuan penderitanya. Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, lemon dan semua mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya penyebab migrain pada beberapa masyarakat.


2. Alkohol 

Alkohol terutama anggur merah dapat menjadi penyebab migrain karena mengandung fenol, yang merupakan fitokimia yang ditemukan dalam anggur merah. Selain itu, bahan kimia lain yang ditemukan dalam bir, wiski, dan anggur tingkat pelepasan atau serotonin yang dapat memicu migrain. 


3. Kopi
Kopi dapat menyebabkan migrain karena adanya kandungan kafein didalamnya. Maka bisa dikatakan juga jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan migrain. Kafein yang ada dalam kopi bisa menyebabkan sakit kepala beberapa jam setelah kamu meminumnya. 


4. Keju

Keju sering disebut makanan yang dapat menyebabkan migrain, terutama jika keju yang sudah berusia. Maka pilihan yang terbaik adalah untuk menjauh dari keju tua, karena lebih mungkin menyebabkan migrain atau sakit kepala karena tyramine yang terbentuk di dalam protein keju yang rusak dari waktu ke waktu. Tingginya kadar tiramin yang terkandung dalam keju dapat masuk ke dalam darah dan tingginya kadar zat kimia di dalam otak inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai perubahan di dalam otak dan menyebabkan nyeri kepala.


5. Daging Olahan 

Merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal mengandung pengawet. Makanan yang diketahui menyebabkan migrain ini diperkirakan bahwa nitrat dan nitrit yang digunakan sebagai pengawet dapat memicu melebarkan pembuluh darah seseorang dan menyebabkan migrain atau sakit kepala.