Masuk Angin: Penyakit yang Paling Terkenal di Indonesia



Meski tidak ada istilah medisnya dan tidak dikenal di dunia kedokteran, masuk angin adalah “penyakit” paling terkenal di Indonesia. Para dokter pun menganggap ini sebagai mitos, meskipun banyak sekali orang yang mengaku sering menderitanya. Anda bisa mengeceknya di internet atau bertanya ke teman-teman Facebook Anda dari belahan dunia lain, dan Anda akan menemukan bahwa masuk angin itu cuma ada di Indonesia.
Masuk angin sendiri sering didefinisikan sebagai rasa “tidak enak badan” akibat banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Bisa karena terlalu lama di ruangan ber-AC, sering menghabiskan waktu untuk kegiatan outdoor, atau sering hujan-hujanan.
Kondisi ini diyakini banyak orang Indonesia sebagai penyakit sungguhan, tapi sampai sekarang belum ada bukti medis yang cukup untuk mendukung klaim ini. Belum lagi masuk angin ini mirip penyakit flu/influenza, karena memiliki gejala dan penyebab yang sama.

Berikut adalah cara mengatasi masuk angin:
1. Minum Air Putih yang Banyak
Saat badan sedang kurang sehat, jangan sampai Anda kekurangan cairan tubuh. Sebab dalam kondisi seperti ini, Anda justru butuh banyak cairan untuk membantu kelancaran semua organ tubuh. Minum air yang cukup bisa meredakan gejala yang sedang dialami.
2. Makanan yang Bergizi
Penyakit jenis apa pun, termasuk masuk angin, membutuhkan makanan dengan gizi seimbang guna mempercepat pemulihan. Jika masuk angin yang Anda rasakan disertai dengan demam, flu, hidung tersumbat, dan meriang, makanan yang berkuah hangat bisa jadi pilihan tepat.
Pastikan juga Anda memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin seperti vitamin E dan vitamin C, yang bisa bantu melawan infeksi.

3. Minum Obat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala yang Anda rasakan saat masuk angin tidak selalu sama. Saat ini mungkin Anda mengalami demam, di kemudian hari tubuh terasa menggigil hebat, tapi kemarin hanya sekadar mual dan muntah saja.
Nah, kalau sudah begini, maka obat-obatan yang bisa Anda minum guna mengatasi masuk angin sebaiknya disesuaikan dengan gejala yang sedang Anda rasakan. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui obat jenis apa yang tepat untuk kondisi tubuh Anda.

4. Bila ingin mempercepat penyembuhan, iringi cara mengatasi masuk angin di atas dengan cukup beristirahat. Tidak ada salahnya, kok, untuk menghentikan semua kegiatan yang sedang Anda jalani untuk sementara waktu.
Setidaknya, beri waktu istirahat untuk tubuh sampai kondisi Anda pulih kembali. Jika Anda tetap memaksakan beraktivitas padahal sedang masuk angin, tentu saja gejala tersebut tidak akan segera sembuh.