Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong


Sebagian orang memutuskan untuk minum kopi di pagi hari guna membantu membuat mata melek dan bangun dengan cepat. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya. Kopi memang pahit rasanya, namun mengandung asam yang berbahaya pagi lambung yang masih kosong.

Berikut adalah beberapa bahaya minum kopi saat perut kosong:

1. Asam lambung naik

Asam lambung memiliki peran penting dalam menundukung kelancaran pencernaan makanan, dan ini diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan. Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

2. Bikin Anda mudah stres dan cemas

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

3. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari. Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

4. Menghambat Produksi Hormon Serotonin
Hormon serotonin berfungsi untuk menimbulkan perasaan senang dalam tubuh. Minum kopi saat perut kosong akan membuat produksi hormon ini terhambat dan Anda jadi mudah dehidrasi.
Semula Anda berniat untuk bisa bangun dengan baik dengan minum kopi, Anda justru akan merasa lesu dan dehidrasi sepanjang hari.