Pengobatan Alternatif Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Pengobatan Alternatif


Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan


Buah yang memiliki rasa manis sekaligus asam ini banyak manfaatnya, termasuk kulitnya. Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan:

1. Anti alergi dan anti peradangan

Telah ada penelitian ilmiah bahwa kulit manggis mengandung zat anti alergi dan anti inflamasi. Kandungan zat tersebut dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiat lainnya terbukti menghambat kadar histamin dalam tubuh.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat lain dari kulit manggis adalah mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan terserang penyakit kencing manis dini. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan kulit manggis alpha0amylase sebanding dengan zat acarbose yang dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan zat yang terdapat pada resep obat untuk penyakit diabetes tipe 2.

3. Daging buah manggis kaya akan serat

Daging buah manggis dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah manggis dapat membantu menangkal sembelit dan masalah pencernaah, dan dapat meningkatkan asupan prebiotik yang dapat membuat bakteri baik ini berkembang di dalam usus Anda.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat ini sangat penting dan paling berkhasiat bagi tubuh. Kulit manggis mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

5. Untuk obat jerawat

Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah baik untuk kulit wajah. Studi dari Thailand menyatakan, zat antioksidan pada kulit manggis ampuh melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya.

Selain itu, kulit manggis sangat efektif terhadap perlindungan radikal bebas, tetapi juga mampu menekan produksi sitokin pro inflamasi yang berkontribusi terhadap pembentukan jerawat atau peradangan pada kulit.